Rotasi Jabatan di Lingkaran Pemkab Aceh Utara Dapat Apresiasi Anggota DPRK Dari PKS



Ket Photo : Anggota DPRK Aceh Utara Komisi IV dari Praksi PKS dapil VI Kabupaten Aceh Utara Zulkifli

HABANANGGROE24.COM | Aceh Utara - Anggota DPRK Aceh Utara Komisi IV dari Praksi PKS dapil VI Aceh Utara Zulkifli, mengapresiasi langkah Bupati Aceh Utara yang melakukan Rotasi jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

Pak Jol sapaan Zulkifli, berharap dengan ada pergantian atau rotasi jabatan itu agar nantinya Aceh Utara menjadi lebihh baik dari sebelumnya.

Selain itu, dirinya juga mengajak seluruh pejabat dan staf birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara yang baru dilantik dengan semangat perubahan dan optimisme yang tinggi.

Perubahan itu meliputi perubahan cara berpikir, perubahan dalam melakukan koordinasi, perubahan cara dan waktu kerja dari manual menjadi berbasis digital, dan peningkatan kemampuan diri menuju kinerja yang lebih baik dan lebih cermat.

“Saya turut bahagia atas promosi yang diperoleh para sahabat dari staf menjadi pejabat eselon IV dan dari eselon IV menjadi eselon III dalam mutasi baru baru ini,” ujar Zulkifli kepada awak media, Sabtu (07/08/2021).

Lanjutnya menjelaskan, promosi jabatan itu harus disertai dengan perubahan dalam cara kerja, kemampuan kerja, dan cara berpikir dalam menghadapi tugas-tugas sehari hari. 

Para pejabat juga diajak untuk lebih optimis menghadapi tahun baru 2022 dengan menyiapkan diri melakukan seluruh tugas dengan lebih baik dan lebih cermat dari tahun 2021.

Dalam hal melakukan koordinasi, komunikasi dan hubungan antara atasan dan bawahan, ditegaskan harus berbasis digital.

Tidak zamannya lagi menyampaikan laporan dengan cara mengetuk pintu, masuk ruangan kemudian dengan segala aturan sopan santun lalu melaporkan sesuatu. Kini cukup melalui media sosial, seperti whatsapp laporan bisa disampaikan.

Selain mengajak para pejabat dan staf melakukan perubahan dan optimis menghadapi tahun 2022, Zulkifli juga menjelaskan bahwa mutasi pejabat yang baru baru ini dilaksanakan sudah didasarkan pada mekanisme sistem merit. 

Dalam mekanisme tersebut, penempatan dan promosi pejabat dilakukan dengan memperhatikan sejumlah pertimbangan seperti pendidikan, pelatihan dan pengalaman kerja.

Dengan mekanisme sistem merit ini pola pemilihan dan penempatan pejabat menjadi lebih profesional dan tidak ada penyimpangan apalagi mekanisme yang tidak patut. 

Dengan lebih profesionalnya penempatan pejabat diharapkan mampu melahirkan birokrat kuat yang powerfull dalam menjalankan amanat mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

"Kami dari DPRK sangat mengapresiasi kerja Pemda, sehingga mampu mempertahankan WTP," ujar Zulkifli

DPRD berharap dengan pencapaian WTP yang  berturut-turut menjadi cambuk bagi pemerintah untuk selalu bekerja maksimal, khususnya dalam ketaatan dan kepatuhan melaksanakan pelaporan keuangan.

" Saya meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Utara untuk memperbaiki pelaksanaan penyerapan anggaran. Jangan sampai, terjadi seperti  penyerapan anggaran tidak optimal yang hampir setiap tahun menjadi SILPA. Hal ini sangat disayangkan karena akan memperlambat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Aceh Utara,” pungkasnya.

Zulkifli memaparkan, Kabupaten Aceh Utara dengan anggaran yang besar setiap tahun dalam upaya pembiayaan pembangunan dan pemerliharaan infrastruktur, pemberdayaan ekonomi rakyat, pengentasan kemiskinan, serta pendanaan pendidikan, sosial dan kesehatan masyarakat Kabupaten Aceh Utara di tengah Pandemi Covid - 19.

Menurut politisi Fraksi PKS ini, realisasi anggaran harus dilakukan dengan  bener dan transparan sehingga tidak adanya temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait pengadaan barang dengan spesifikasi tertentu yang sulit dipenuhi.

“Saya melihat inilah ke depan yang harus direncanakan dengan sebaik-baiknya oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, sehingga program kedepan  terencana dengan baik, pelaksanaannya juga sedemikian baik. Insya Allah anggaran yang besar  akan mampu kemudian mengefektifkan untuk kaitan peningkatan pemberdayaan ekonomi yang diharapkan, di samping meningkatkan kesejahteraan, bagi warga masyarakat Kabupaten Aceh, Utara” tutupnya. (Rls/aif)

Post a Comment

0 Comments