Muhammad Farhan, Remaja Matang Raya Dapat Pembinaan Acheh Future Selama di Dayah



Photo/dok Iqbal : Proses Penjemputan  Muhammad Farhan di Gampong Matang Raya, Tanah Jambo Aye Untuk Diantarkan ke Dayah Baitul Huda al aziziyah Paya Naden

HABANANGGROE24.COM | ACEH UTARA - Muhammad Farhan (12) bin Tarmizi Adam, dusun tengku Raden, Gampong Matang Raya, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara resmi menjadi Santri Dayah Baitul Huda Al aziziyah, Paya Naden, Madat Aceh Timur Rabu, 11/08/2021.

Pendaftaran remaja lulusan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Dayah Baitul Huda tersebut tak luput dari campur tangan Lembaga Acheh Future dibawah pimpinan Razali Yusuf bersama dengan Gechik Matang Raya Muarif setelah menerima permintaan dari pihak keluarga Farhan, yang notabenenya tergolong kepada keluarga kurang Mampu/miskin.

Berawal dari keinginan Farhan yang kuat untuk mondok kepesantren, maka keinginan tersebut diamini oleh Cekli (sapaan Razali Yusuf) setelah berkomukasi pimpinan Dayah setempat.

Geuchik Matang Raya, Tanah Jambo Aye, membenarkan ihwal pendaftaran muhammad farhan sebagai  santri di Paya Naden, " iya benar, sudah kita antarkan anak kita ke Dayah Bustanul huda al aziziyah, Paya Naden yang dijemput oleh tim Acheh Future"  ujarnya.


Sementara itu Tgk Al Iqbar Koordinator Bidang Pendidikan Agama lembaga Acheh Future kepada media ini (11/08) menuturkan bahwa pihak telah mendaftarkan salah seorang santri dari Matang Raya ke Dayah Paya Naden, Madat.

" Kami telah menjemput  Muhammad Farhan, (12) anak dari keluarga tidak mampu dari Gampong Matang Raya Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara dan  kita antarkan ke dayah Baitul Huda Al Aziziyah di Paya Naden Kecamatan Madat Kabupaten Aceh Timur, proses penjemputan tim kita juga didampingi oleh geuchik gampong Matang Raya, Muarif" ujar tgk Iqbal

Dirinya menambahkan, bahwa sejak bulan Juli s/d Agustus, " Alhamdhulillah sudah 17 santri telah kita antarkan ke dayah, 7 santriwati kita daftarkan di Dayah Darussa'adah dan 10 santriwan santriwati kita tempatkan di Dayah Baitul Huda Al Aziziyah di Paya Naden Kecamatan Madat Kabupaten Aceh Timur, para santriwan tersebut berasal dari Kecamatan Langkahan kecamatan Seunuddon, Kecamatan Peureulak. Kabupaten Aceh Timur" paparnya

Tak hanya itu, " kami juga membekali mereka dengan beragam kitab kitab kuning dan  setiap tiga hari sekali kami datang untuk mejumpai mereka di dayah, agar mereka merasa memiliki orang tua bila orang tuanya telah tiada" tutup tgk Iqbal. (aif)

Post a Comment

0 Comments