Acheh Future Kembali Bantu Puluhan Set Kitab Kuning Untuk Santri Kurang Mampu



Ket/ Photo : Penyerahan Hibbah Kitab Untuk Santri Dayah Bustanut Tazkirah Cabang Dayah Abu Paya Pasi di Keude Blang, Kecamatan Idi Rayek, Kabupaten Aceh Timur.

HABANANGGROE24.COM | Aceh Timur - Lembaga Acheh Future  kembali salurkan puluhan set kitab kuning untuk santri kurang mampu di Dua Dayah di Kabupaten Aceh Timur, Minggu (15/08/2021).

Dua Dayah penerima kitab di Aceh Timur pada sabtu (14/08) tersebut yaitu Dayah Bustanul Ilmi Cabang Dayah Abu Paya Pasi di Sarah Teubee Kecamatan Ranto Selamat sebanyak 4 set kitab dan Dayah Bustanut Tazkirah Cabang Dayah Abu Paya Pasi di Keude Blang Kecamatan Idi Rayek Kabupaten Aceh Timur sebanyak 7 set untuk 7 orang santriwan.

Penyerahan 11 set kitab kuning merupakan lanjutan dari penyerahan 52 set kitab dari berbagai jenis pada awal bulan lalu, yang sebelumnya diserahkan kepada santri yang tersebar di berbagai dayah dalam wilayah Aceh selama bulan Agustus yang bertepatan pada bulan Muharram sesuai dengan jadwal kenaikan kelas para santri, namun bagi sebagian santri kenaikan kelas merupakan sebuah masalah karena berkaitan dengan pergantian materi kitab yang lebih tinggi juga mengenai harga kitab tergolong tinggi bagi sebagian Santri disebabkan keterbatasan ekonomi keluarganya.


Ketua Acheh Future, Razali Yusuf yang didampingi oleh koordinator bidang pendidikan Agama Tgk Iqbal, (14/08) dihadapan awak media menuturkan.
" Alhamdulillah dalam bulan agustus bertepatan dengan Muharram ini, kita dari Lembaga Acheh Future telah menyelesaikan amanah para donatur untuk menyerakan 63 set kitab dari berbagai jenis sesuai kurikulum Dayah, seperti Al bajuri, Agnatutalibin dan juga mahalli" Ujarnya

Cek Li sapaan karib Razali Yusuf itu, sambung menjelaskan, bahwa alasan diri bersama tim Acheh Future fokus pada program bantuan kitab tersebut, ini didasari oleh pengalamannya beberapa tahun dalam mencari akar permasalah terputusnya pendidikan santri disaat mondok di dayah, salah satunya diantara permasalahan itu, menurut Cekli yaitu:
 " Masalah tidak sanggubnya santri untuk membeli kitab" paparnya

"Terlebih berat lagi, di saat naik kelas 4 dan kelas 5 karena harga kitab lumayan tinggi bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah" tegas Cekli

" Maka kami dari Acheh Future mengambil peran dari tugas besar ini, berusaha semampu mungkin mengisi kekosongan ini dengan mengandalkan dana suwadaya, baik pribadi anggota juga dari para donotur yang bersifat tidak mengikat" tandas Cek Li

Pimpinan Dayah Bustanut Tazkirah Cabang Dayah Abu Paya Pasi di Keude Blang Kecamatan Idi Rayek Kabupaten Aceh Timur, Abi mahzanil saat diwawancarai media Idi menuturkan, bahwa diri atas nama pimpinan Dayah mewakili dewan Guru dan santri mengucapkan terimakasih.

" Terikasih Tim Aceh Future dan juga donatur yang telah membatu para santri kami yang sangat membutuhkan kitab juga membantu keberlangsungan proses belajar mengajar disini" ujarnya singkat

Sementara salah satu santri penerima bantuan hibbah kitab tersebut yaitu Tgk Agus Saputra,  merasa gembira dan mengucapkan terimakasih seraya mendoakan kepada para donatur untuk dimudahkan rezeki dan dimudahkan segala urusannya.
" Terimah cek Li dan Donatur, semoga dimudahkan rezeki dan mudah dalam segala urusan, amiin" ucapnya denga rawut wajah bahagia. (aif)

Post a Comment

0 Comments