Pemerintah Desa Alue Keujruen Gelar DZikir dan Khenduri Adat Agar Terhindar dari Covid-19



Aceh Utara I Pemerintah Desa Alue Keujruen Kecamatan Tanah Luas Kabupaten Aceh Utara menggelar Dzikir Bersama dan Khenduri Adat agar terhindar dari Virus Corona.

Kegiatan tersebut ketat dengan protokol kesehatan yang dihadiri Wakil Bupati Aceh Utara, Waled Muzakir Lapang, Muspika Tanah Luas, Forum Geuchik, Tuha Peut, Keurani, Imum Gampong, Karang Taruna, dan seluruh warga masyarakat, dan berlangsung di Aula Gedung Serbaguna setempat, Rabu malam (30/06/2021).

Adapun doa dan zikir bersama itu dipimpin oleh Tgk Mawardi Matang Ben dan Tgk Yusri Pasee,

Geuchik Desa Alue Keujruen Afrizal, SH.I mengatakan Kegiatan ini kita lakukan untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT agar Allah melindungi dan menjauhkan seluruh warga masyarakat Desa Alue Keujruen pada khususnya dan Aceh Indonesia pada umumnya dari wabah covid-19 dan wabah penyakit lainnya, sesuai dengan visi Pemerintah Desa Alue Keujruen “Gampong Beu Aman, Rakyat Beusehat dan Sejahtera”.

Sementara itu Tuha Peut Desa Alue Keujruen Sarjani, ST selaku Panitia penyelenggra dan Pemangku Adat Gampong mengatakan Kegiatan Dzikir Bersama dan Khenduri Adat kita lakukan agar Allah SWT melindungi warga masyarakat dari wabah Corona, serta peusijuek gampong, peusijuek gedung serbaguna, peusijuek masyarakat, Peusijuek geuchik terpilih periode tahun 2021-2027 dan peusijuek seluruh tamu undangan yang berhadir.

Dalam kegiatan tersebut kita juga memberikan penghargaan kepada para geuchik yang pernah menjabat di Alue Keujruen dari masa ke masa, mulai tahun 1946 sampai dengan tahun 2021, jelas Sarjani 

Lanjut Sarjani, ini sesuai dengan adat istiadat yang berlaku di Aceh, Adat bak poe teumeuruhoem, hukoem nibak syiah kuala, Qanun bak putroe phang, reusam nibak laksamana, Matee aneuk meupat jrat, matee adat pat tamita, tutup mantan Ketua OSIS SMA Negeri 1 Tanah Luas.

Waled Muzakir Lapang dalam tausiyahnya meminta kepada seluruh masyarakat agar selalu berdo’a dan berzikir kepada Allah SWT agar terhindar dari segala marabahaya, baik Wabah Covid-19 maupun wabah penyakit lainnya.

Waled Muzakir juga mengharapkan kepada masyarakat agar terus kompak memakmurkan meunasah dan majelis taalim supaya dapat menambah wawasan tentang pengetahuan agama Islam dan meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

Sementara Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf dalam arahannya meminta kepada Pemerintah Gampong agar dalam pelaksanaannya selalu bersinergi antara Geuchik dengan Tuha Peut serta perangkat lainnya.

Fauzi Yusuf juga mengapresiasi kekompakan Pemerintah Desa Alue Keujruen dengan masyarakatnya, semoga kekompakan ini terus dapat dijaga dan dicontohkan oleh desa-desa lainnya yang ada di Aceh Utara.

kegiatan tersebut berakhir dengan Do’a yang dipimpin oleh Abon Mansur meunasah Hueng, kemudian Foto bersama dan jamuan makan malam bersama. (Rls/aif)

Post a Comment

0 Comments