Wisata Islami Terbesar di Indonesia, Sopir Pelaku Kawin Kontrak Menjerit

Pesona Jawa Barat memang tak pernah habis. Di Cicalengka ada wisata sunnah rosul yang bisa dijelajahi.Cicalengka Dreamland. Foto: Rafida Fauzia
Jakarta - Berita soal Cicalengka Dreamland menjadi berita terpopuler pada Minggu (20/6/2021). Cicalengka Dreamland di Bandung merupakan wisata Islami terbesar di Indonesia. Di sana terdapat spot foto dengan ayat Al-Quran hingga pintu surga dan neraka.

Cicalengka Dreamland terletak di Desa Tanjungwangi, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Cicalengka Dreamland bak harta karun yang tersembunyi. Dekat dengan Curug Cinulang, jalur ke tempat wisata ini sudah bagus.

Cicalengka Dreamland memiliki lahan seluas 47 hektar. Saat ini sudah sekitar 8 hektar yang dibangun sebagai tempat wisata. Nantinya bakal ada penginapan untuk pengunjung yang mau menginap.

Hal menarik yang diberikan oleh tempat wisata ini adalah kental dengan nuansa Islam. Ada 10 spot foto, 7 wahana dan 3 area bersantai yang bisa traveler nikmati.

Spot foto yang dipamerkan berlatar belakang islam. Ada pintu neraka dan surga, sayap malaikat, tangga surga hingga api neraka. Semua spot foto dilengkapi dengan ayat-ayat Al-Quran sebagai dasar filosofi.

"Kami ingin memperkenalkan Islam, tapi siapa saja boleh masuk ke sini," ujar Ira Chairunisa, Humas dari Cicalengka Dreamland.

Kemudian ada 7 wahana yang selalu disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Sebut saja panahan hingga berkuda.

Flying Fox terpanjang di Indonesia

Namun yang membuat tempat wisata ini begitu tersohor adalah flying fox-nya. Flying fox Cicalengka Dreamland menjadi yang terpanjang di Indonesia dan ketiga di ASEAN.

"Panjang lintasannya 720 meter, flying fox ini sudah beroperasi sejak Desember lalu. Biayanya Rp 97 ribu di weekday dan Rp 127 ribu di weekend," ujarnya.

Area bersantai tersebar di 3 titik. Yang paling terlihat berada tepat di bawah tulisan I Love Al-Quran. Tulisan ini juga menjadi ikon dari Cicalengka Dreamland.

Waktu terbaik untuk bisa menikmati Cicalengka Dreamland adalah pagi dan sore hari. Kalau siang, sengatan matahari begitu terasa menusuk kulit. Maklum, namanya juga kawasan perbukitan.

Namun tak usah khawatir, karena tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan kantin UMKM. Kamu bisa duduk-duduk sejenak menunggu senja di sini. Oh iya, tempat ini juga sangat bagus untuk pemburu sunrise, lho!

"Wisatawan paling jauh itu dari Malaysia, mereka datang untuk melihat ikon kita. Kemudian ada dari Palembang dan Medan," ungkap Ira.

Kamu yang ingin liburan ke sini, datanglah pagi hari dan pastikan cuaca cerah. Karena jika hujan, kabut akan menutupi kawasan wisata dan kamu tak bisa melihat apa-apa.

Harga Tiket

detikTravel berkunjung ke Cicalengka Dreamland pekan lalu, Jumat (11/6). Tiket masuknya Rp 20.000 untuk orang dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Kalau weekend harganya naik Rp 5 ribu untuk masing-masing kategori.

Ketiadaan turis Arab, yang bukan rahasia lagi kebanyakan adalah pelaku kawin kontrak, di Cianjur berimbas signifikan terhadap sopir mobil travel. Mereka menjerit karena tak ada lagi pelanggan.


Sumber: Tim detikcom - detikTravel

Post a Comment

0 Comments