WHO : COVID-19 Tidak akan Berakhir sampai 70% Populasi Dunia telah Divaksinasi



WHO : COVID-19 Tidak akan Berakhir sampai 70% Populasi Dunia telah DivaksinasiDirektur Regional WHO untuk Eropa, Hans Kluge

KAT | JAKARTA -- Dunia tidak akan kembali normal dari pandemi coronavirus atau Covid-19 sampai 70% dari populasi dunia divaksinasi, hal tersebut dikatakan langsung oleh Direktur Eropa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ia juga menyebut peluncuran vaksin di Eropa “terlalu lambat”. Kamis, 3 Mei 2021.

Direktur Regional WHO untuk Eropa, Hans Kluge mengatakan kepada Agence France-Presse (AFP) dalam sebuah wawancara, “Pandemi akan berakhir jika telah mencapai cakupan minimum 70% dalam vaksinasi.” 

Kluge juga mengatakan bahwa salah satu kekhawatiran utamanya adalah meningkatnya penularan varian baru virus corona.

“Kita tahu misalnya bahwa B.1617 (varian India) lebih menular daripada B.117 (varian Inggris), yang sudah lebih menular daripada jenis sebelumnya,” sebut Kluge.

Menurut dokter dari Belgia ini, kecepatan adalah “inti” dalam sebuah pandemi.

“Bahkan ketika WHO mendeklarasikan pandemi, banyak negara masih menunggu, kami kehilangan waktu yang berharga,” terangnya.

Sementara direktur regional, yang telah memegang posisi tersebut sejak Februari 2020, memuji seruan solidaritas, dia menekankan bahwa peluncuran vaksin yang cepat adalah yang paling penting.

Ia menegaskan, “Kita perlu mempercepat dan memperbesar jumlah vaksin.”

Sebagian negara dunia, terutama 53 negara dan wilayah yang membentuk kawasan Eropa WHO termasuk beberapa di Negara Asia Tengah dengan 26% populasi telah menerima dosis pertama vaksin COVID-19. Sementara di Uni Eropa, 36,6% dari populasi telah menerima setidaknya satu dosis, menurut hitungan AFP.[]

Post a Comment

0 Comments