Polda Aceh: Kombes Pol Margiyanta Diperiksa Terkait Dugaan Salah Gunakan Wewenang

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan.[iNews]

KAT – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi Direktur Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Aceh Kombes Pol Margiyanta untuk menjalani pemeriksaan di Propam Polri. 

Pemeriksaan itu diduga berkaitan dengan penyalahgunaan wewenang dari perwira menengah tersebut.

Pemeriksaan tersebut disampaikan Kabag Penum Mabes Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (3/6/2021). "Iya diperiksa dulu, kan diduga (menyalahgunakan wewenang jabatan)," kata Ahmad Ramadhan.

Namun, Ramadhan tidak memapakarkan kasus yang menyeret Margiyanta. Dia hanya menegaskan, saat ini Propam Polri akan menindaklanjuti kasus tersebut dan memeriksa Margiyanta untuk memastikan dirinya melakukan pelanggaran atau tidak.

"Nanti setelah dilakukan pemeriksaan, ditelusuri baru bisa ketahuan apakah dia terbukti melakukan pelanggaran atau tidak. Sekarang belum bisa (menyebutkan kasus) terlalu dini gitu," ujarnya.

Saat disinggung soal pemeriksaan ini juga ada kaitannya dengan mutasi Kapolres Aceh Tenggara, Ramadhan kembali enggan menjawab lebih jauh.

"Yang jelas masalah penyalahgunaan wewenang, diduga ya," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Direskrimsus Polda Aceh Kombes Pol Margiyanta dimutasi untuk pemeriksaan. Selain dia, AKBP Wanito Eko Sulistyo juga dimutasi dari jabatan Kapolres Aceh Tenggara. 

Dalam surat telegram Kapolri bernomor ST/1129/VI/KEP/202, yang diteken Selasa (1/6/2021), keduanya dimutasi sebagai Perwira Menengah (Pamen) Pelayanan Markas (Yanma) Polri dalam rangka diperiksa. Posisi Wanito bakal diganti AKBP Bramanti Agus Suyono yang sebelumnya menjabat Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Aceh. 

Sedangkan posisi Margiyanta diganti Kombes Pol Sony Sonjaya yang sebelumnya menjabat Direskrimum Polda Aceh. Kombes Pol Ade Harianto dipromosikan menjabat Direskrimum Polda Aceh.[]



Sumber | iNews

Post a Comment

0 Comments