KPK Minta DPRK Awasi Kegiatan Pemkab Aceh Timur, Kenapa?

Kabaracehtimur.online | Idi Rayeu - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan sosialisasi kepada seluruh Anggota DPRK di Aceh Timur, Rabu (16/6/2021), kegiatan itu dilakukan dengan tujuan agar fungsi pengawasan dapat berjalan dengan baik di daerah itu.


Pada kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRK Aceh Timur Muhammad Daud, Wakil Ketua I Muhammad Nur, S.Pd, MH, Wakil Ketua II DPRK Aceh Timur Muhammad Adam , S.Sos serta Sekretaris DPRK Aceh Timur Zubir Kasim SE, dan seluruh anggota DPRK Aceh Timur lainnya yang belangsung di Aula Sidang B DPRK Aceh Timur.

Kepala Satuan Tugas Pencegahan Korsup Wilayah I KPK, Arief Nurcahyo mengatakan, pentingnya fungsi pengawasan oleh Anggota DPRK terkait kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Timur.

“Pengawasan oleh Anggota DPRK terkait kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Timur sangat penting dilakukan, sehingga terhindar dari tindak pidana korupsi," Ujar Arief Nurcahyo.

Selain melakukan sosialisasi, tim dari KPK Kedeputian Bidang Koordinasi dan Supervisi berkunjung ke Kantor DPRK Aceh Timur untuk melakukan dua agenda utama lainnya.

Kegiatan tersebut ialah monitoring dan evaluasi terkait program pemberantasan korupsi terintegrasi.

Selain itu juga terdapat delapan sector area yaitu, Perencanaan dan Penganggaran, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, Tata Kelola Manajemen ASN, Perbaikan Apit, dan Optimaliasi dari Pendapatan Daerah, Manajemen Aset Daerah dan Peningkatan Tata Kelola Dana Desa (DD).

Selanjutnya, Ainur Cahyo juga menjelaskan, ini merupakan agenda lanjutan mereka untuk turun langsung ke berbagai Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia untuk meminimalisir praktik korupsi.

Sementara itu Ketua DPRK Aceh Timur Muhammad Daud, S.Sos mengatakan, rapat dengan KPK merupakan momen terbaik bagi DPRK Aceh Timur untuk mengetahui seluk beluk tentang permasalahan dalam sisi pencegahan korupsi.

"Dalam hal ini kita butuh sinergitas antara pemerintah yaitu eksekutif dan legislatif, ini kebaikan untuk kabupaten Aceh Timur itu sendiri," kata Ketua DPRK Aceh Timur Muhammad Daud, Rabu (16/6/2021).

Abi Daud sapaan akrab Ketua DPRK Aceh Timur ini juga berharap, pihaknya di DPRK Aceh Timur dapat melakukan hal-hal yang terbaik bagi ummat dan masyarakat, termasuk menghindari praktik-praktik yang berbau korupsi.

"Harapan hari ini kepada kita semua di DPRK Aceh Timur bisa melakukan hal-hal yang terbaik kepada ummat dan masyarakat, dengan kita menghindari praktik-praktik yang berbau korupsi," harap Abi Daud mengakhiri keterangannya.(aqbar)

Post a Comment

0 Comments