Derita Rohingya: 81 Pengungsi Rohingya di Aceh Timur Dipindahkan ke Medan

Simpang Ulim, Aceh Timur - Puluhan etnis Rohingya yang terdampar di Pulau Idaman, Aceh Timur, dipindahkan ke Medan, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (9/6/2021) malam. Sebelumnya 81 etnis Rohingya dua kali swab test antigen dengan hasil nonreaktif.

Menurut rencana, para imigran bakal ditempatkan di Jamin Gunting, Selayang, Medan, Sumut di bawah naungan UNHCR. Mereka akan bergabung dengan etnis Rohingya yang lebih dulu ditempatkan di sana sehingga jumlah pengungsi diperikrakan mencapai 2.000 orang.

Seluruh etnis Rohingya diangkut dari Pulau Idaman menuju Desa Kuala Simpung menggunakan speedboat BPBD Aceh Timur. Selanjutnya diberangkatkan dengan truk BPBD menuju Kantor Camat Sipang Ulim dan dipindahkan menggunakan empat bus menuju kota Medan.

"Proses pemindahan sesuai rencana, pengungsi diberangkatkan dari Simpang Ulim menggunakan bus umum dan didampingi petugas," kata Koordinator UN Program International Of Migration (UN-IOM), Sonya Syafitri. 

Pemindahan tersebut dikawal ketat oleh 12 personil Kepolisian, empat personel TNI dan 10 personil Imigrasi Langsa yang terbagi ke dalam empat bus yang mengangkut 81 etnis Rohingya. Petugas memastikan keselamatan mereka sekaligus menepis isu yang menyebut pengungsi Rohingya yang datang kali ini diorganisir oleh pihak-pihak tertentu untuk kepentingan lain.

"Pemindahan pengungsi dikawal ketat oleh 24 personel gabungan dari TNI, Polri dan Imigrasi untuk mengamankan warga pengunsi Rohingya dalam perjalanan ke Medan," kata Kabag Ops Polres Aceh Timur, AKP Salmidin.



Sumber artikel by iNews.id

Post a Comment

0 Comments