Avanza Model Terbaru Bakal Segera Meluncur, Ini Faktanya

Desain All New Avanza. (Dok: IG @bagasatriakbar)
Foto: Desain All New Avanza. (Dok: IG @bagasatriakbar)

Jakarta - Toyota dikabarkan akan merilis seri baru mobil Avanza di tahun ini atau awal 2022. Pembahasan mengenai desain All New Avanza ini pun sudah muncul di berbagai media sosial.

Salah satunya, pembahasan desain mobil terbaru ini datang dari @bagasatriakbar di laman Instagramnya.

"Terlihat seperti rush karena memang basis rendernya memakai rush. Saya lihat proporsi body All New Avanza ini akan seperti rush karena infonya akan ada perubahan dimensi yang termasuk cukup banyak," kata Bagas kepada CNBC Indonesia.

Ia mendesain prediksi Avanza ke depan. Bagian yang mirip dengan Rush terlihat pada sisi belakang. Bagian bokong kendaraan tampak lebih terangkat menyerupai desain pada Rush atau Terios.

Sedangkan sisi samping memperlihatkan lekuk bodi yang mengangkat aksen berotot, layaknya mobil dengan tipe Sport Utility Vehicle (SUV). Namun, tidak tampak bagian depan mobil tersebut, melainkan hanya bagian belakang.

Dalam unggahan tersebut, ada juga prediksi yang mengarah pada mobil Xenia/Veloz 2022. Banyak kabar beredar bahwa All New Avanza dan Xenia akan diluncurkan pada tahun ini. Sempat juga ada kabar jika Avanza Xenia masih tetap menggunakan basis yang sama, sedangkan Veloz menggunakan basis baru."Untuk alasannya sendiri, karena saya penasaran seperti apa Avanza generasi baru ini. Dengan informasi yang masih sangat sedikit, saya mencoba membuat gambaran All New Avanza," jelas Bagas.

"Gambar di atas adalah render berdasarkan mobil konsep DN Multisix dan siluet yang diduga sebagai generasi baru Avanza Xenia," katanya.

Penyegaran baru Avanza diperkirakan bakal keluar akhir tahun ini atau tahun 2022 mendatang. Bagaimana respons Toyota?

"Melihat memang beberapa waktu belakangan untuk issue Avanza yang beredar, yang pasti kami harus mensyukuri popularitas model ini baik dari masyarakat maupun media dan social media," kata Wakil Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto yang dlansir oleh CNBC Indonesia.

Spekulasi model baru pun sudah mulai tampak di media sosial. Meski ada dorongan besar agar All New Avanza segera rilis, namun Toyota mengindikasikan belum bakal mengeluarkannya dalam waktu dekat.

"Untuk planning new model, baik Avanza ataupun model lainnya, rasanya nggak mungkin saya informasikan sebelum waktunya ya dan saat ini kami masih fokus fulfil market (mengisi pasar) dengan model yang saat ini sudah ada di pasar," katanya.

Salah satu pertimbangan mengapa Toyota masih akan terus mendukung model Avanza saat ini adalah penjualan yang tetap tinggi. Berdasarkan data yang ada, Avanza masih tetap menjadi salah satu mobil terlaris dari Toyota.

Pada Maret lalu atau sejak awal mula relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) berlangsung, mobil ini menjadi mobil terlaris di Indonesia dengan penjualan sebesar 7.251 unit. Hal ini menjadi alasan Toyota sepertinya belum bakal mengeluarkan All New Avanza dalam waktu dekat.

"Apalagi permintaannya masih cukup tinggi ya di awal tahun ini hingga masuk bulan Mei ini dimana Avanza masih terus menjadi salah satu produk favorit masyarakat Indonesia dengan retail sales sebesar 17.769 unit dari Januari hingga April sebagai kontributor terbesar yang menyumbang 22,2% dari total penjualan (Toyota)," kata Henry.[]

Post a Comment

0 Comments