Apa fakta yang jarang diketahui orang tentang film Tjut Nyak Dhien yang dibintangi Christine Hakim?

Akbar Rafsanjani

Salah satu yang paling saya ingat adalah totalitas Cristine Hakim dalam mendalami peran sebagai Cut Nyak Dhien. 

Konon, beliau berjalan telanjang kaki di Aceh untuk menemukan spirit wanita paling ditakuti oleh Belanda ini. 

Cristine Hakim juga melakukan riset bahasa dan aktifitas sehari-hari masyarakat Aceh selama berbulan-bulan. 

Fakta yang paling memalukan dalam film ini adalah adanya bendera merah putih di dalam film, dimana saat itu belum ada Indonesia. Eh, tapi itu hanya bendera Belanda yang robek :)

Siapa yang sudah pernah menonton film Tjut Nyak Dhien? Film kolosal garapan sutradara Eros Djarot itu di tahun 1988 merupakan film epik, berkisah tentang perjuangan seorang pahlawan nasional wanita asal Aceh, Tjut Nyak Dhien. 

Tjut Nyak Dhien! Istri dari Teuku Umar Djohan Pahlawan itu meneruskan perjuangan suaminya dalam usaha mengusir penjajah Belanda dari bumi Serambi Mekah.

Proses pembuatan film tersebut tidak lepas dari peran Harun Keuchik Leumiek, seorang pengusaha dan wartawan senior di Banda Aceh. 

Konon, suatu hari di tahun 1987, sebuah kru produksi film dari Jakarta menyambangi rumahnya di Gampong Lamseupueng di kawasan Simpang Surabaya, Banda Aceh.

Kedatangan mereka rupanya terkait penggarapan film berlatar belakang sejarah Aceh, terutama kisah perjuangan Tjut Nyak Dhien. 

Mereka meminta kesediaan Harun Keuchik Leumiek untuk meminjamkan atribut atau benda-benda budaya warisan Aceh masa lalu. 

Atribut tersebut berupa senjata tajam khas Aceh, kain tenun Aceh, dan berbagai perhiasan bernilai sejarah tinggi.

"Mereka minta saya meminjamkannya selama setahun,"kata H. Harun Keuchik Leumiek seperti dikutip dari Intisari, September 2013.

Setidaknya ada 100 jenis koleksi yang dipinjamkan mantan wartawan Waspada itu kepada Djarot dan kawan-kawannya. 

Salah satu benda langka yang dipinjamkan adalah kain tenun sutra Aceh yang telah berusia lebih dari 200 tahun.

Kalau kalian pernah menonton film Tjut Nyak Dhien ini, pasti sudah melihat kain yang dipakai Christine Hakim ketika memerankan sosok Tjut Nyak Dhien.

Film kolosal tersebut termasuk sukses besar, meraih delapan Piala Citra dan sejumlah penghargaan lain baik di dalam maupun di luar negeri. Dan, semua itu karena andil seorang tauke emas di Banda Aceh!

Post a Comment

0 Comments