Waspada! Ini Dia Fakta Penyakit Kulit Impetigo Bulosa yang Membahayakan Anak


Pembaca yang budiman, pernahkah mendengar penyakit kulit impetigo bulosa? Penyakit kulit ini mudah menyerang bayi dan anak-anak.

Impetigo bulosa merupakan penyakit kulit yang menyerang bayi dan anak-anak. Gejala penyakit ini ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung kecil berisi cairian di tubuh anak.

Impetogo bulosa ditandai sengan kulit yang melupuh dan bergelembung. Gelembung yang mudah pecah dan menyebar dengan cepat ini merupakan infeksi penyakit kulit.

Impetigo bulosa merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri. Kondisi kulit pada anak akan melepuh atau ada bercak luka terbuka pada kulit kemudian menimbulkan kerak berwarna kuning atau cokelat.

Penyakit kulit ini sering terjadi pada anak-anak daripada orang dewasa. Hal ini disebabkan oleh tingginya interaksi fisik dengan teman-teman sebaya di lingkungannya.

Dilansir dari berbagai sumber (21/03/2021), berikut fakta seputar penyakit kulit impetigo bulosa.


Penyebab

Penyakit kulit yang sering menyerang bayi dan anak-anak ini terjadi karena bakteri. Infeksi ini merupakan akibat dari serangan bakteri Stafilokokus Aureus dan Streptokokus Hemolitikus B grup A.

Proses penularan bakteri ini melalui komtak fisik langansung dengan penderita atau perantara. Si kecil bisa terinfeksi jika memakai pakaian seperti baju, handuk, atau sapu tangan yang sebelumnya digunakan oleh penderita penyakit kulit ini.

Harus waspada juga jika si kecil memiliki luka. Seseorang yang memiliki luka seperti luka gigitan serangga, terjatuh atau teriris benda tajam akan lebih mudah terinfeksi oleh bakteri ini.

Penyakit impetigo bulosa juga bisa disebabkan oleh penyakit kulit lainnya. Seseorang yang terinfeksi kulit lainnya seperti eksim, kudis, atau infeksi kutu akan lebih mudah terinfeksi penyakit ini.

Oleh karena itu harus lebih memperhatikan si kecil. Apa lagi jika si kecil punya luka harus selalu dikontrol perkembangan lukanya agar gak menyebar dan menimbulkan penyakit lainnya.

Gejala

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit kulit impetigo bulosa baru terlihat setelah 4 - 10 hari anak terinfeksi. Biasanya gejala ini muncul di bagian tengah tubuh antara pinggang dan leher atau lengan dan tungkai.

Selain itu, gejalanya juga bisa terjadi di sekotar mulut dan hidung lalu menyebar ke bagian tubuh lainnya. Hal ini disebabkan oleh interaksi perantara jari, handuk, atau baju yang telah terpapar bakteri.

Meskipun gejalanya baru muncul setelah 4 hari, bisa kenali tanda-tandanya. Kemunculan impetigo bulosa biasanya juga disertai dengan demam dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Penyakit kulit impetigo bulosa memang terkesan menyeramkan bagi anak. Tetapi bisa mencegahnya dengan menerapkan hidup bersih dan sehat pada anak.

Selain itu, jika anak terkena penyakit ini bisa mengatasinya dengan mengompres air hangat untuk meredamkan lukanya. Setelah itu bisa mengoleskan salep pada bagian kulit si kecil yang terkena infeksi.


Sumber : Herstory.co.id

Post a Comment

0 Comments