Instagram, Facebook, Linkedln Paling Banyak Bagikan Data Pengguna

Instagram, Facebook, Linkedln Paling Banyak Bagikan Data Pengguna
Ilustrasi (Katka Pavlickova / Unsplash)

Penyedia layanan data cloud, pCloud melakukan riset aplikasi mana yang paling banyak membagikan data pribadi.

Juga, aplikasi mana yang mengumpulkan sebagian besar data untuk pemasaran mereka sendiri.

Riset menemukan bahwa 52 persen dari semua aplikasi membagikan data kamu dengan pihak ketiga yang terkait dengan perusahaan yang menjalankan aplikasi tertentu atau mereka mungkin cuma membayar biaya untuk mengakses data pengguna.

Aplikasi macam Instagram, Facebook, dan Linkedln mengumpulkan data pribadi paling banyak, masing-masing sebesar 79 persen, 57 persen dan 50 persen.

BACA JUGA: WhatsApp Terancam Tak Berfungsi di iPhone 4 dan 4S

Instagram jadi pelanggar terbesar karena aplikasinya berbagi 97 persen data pengguna dengan perusahaan lain.

Perusahaan induk Instagram, Facebook, berada di posisi kedua dengan memberikan 57 persen data pengguna.

Sementara, Linkdln dan Uber Eats sama-sama menjual 50 persen data pengguna mereka.

Riset pCloud juga menyoroti fakta bahwa 80 persen aplikasi menggunakan data pengguna untuk memasarkan produk mereka sendiri di aplikasi mereka.

Ini termasuk hal-hal seperti aplikasi yang menayangkan iklan mereka sendiri di platform lain serta promosi dalam aplikasi untuk keuntungan mereka sendiri.

Facebook dan Instagram menduduki posisi puncak daftar aplikasi yang mengumpulkan data pengguna untuk keuntungan mereka sendiri. Kedua layanan tersebut menggunakan 86 persen data pengguna mereka untuk menjual produk mereka sendiri dan menayangkan iklan yang relevan atas nama orang lain.

Data yang dikumpulkan oleh aplikasi ini di antaranya tanggal lahir pengguna dan waktu saat pengguna biasanya menggunakan aplikasinya.

pCloud juga memberi peringkat lebih dari 100 aplikasi paling populer di dunia. Instagram, Facebook, Uber Eats, Trainline, dan eBay melacak data pribadi tertinggi secara keseluruhan.

pCloud juga menemukan bahwa Signal, Clubhouse, Netflix, Microsoft Teams, Google Classroom, Shazam, Etsy, Skype, Boohoo, Amtrack, Zoom, Shop dan IRS2Go tidak mengumpulkan data pengguna.

Oleh sebab itu, kamu harus selalu melakukan uji tuntas yang diperlukan sebelum mengunduh di App Store atau Google Play. (Tech Radar)

Post a Comment

0 Comments