Gunung Es yang Dua Kali Luas Jakarta Pecah! | Bencana Iklim Dunia?

Gunung es raksasa, yang lebih besar dari ukuran kota London, telah memisahkan diri dari Antartika. Peristiwa ini terjadi di dekat stasiun penelitian Inggris, seperti yang dilaporkan British Antarctic Survey (BAS), Jumat (26/02/2021).

Gunung es berukuran 1.270 kilometer persegi lepas dari Paparan Es Bruntsetebal 150 meter setelah melalui proses yang disebut "calving" (mencair dan memisahkan diri).

Para ilmuwan telah memperkirakan bongkahan besar es akan lepas satu dekade yang lalu setelah "retakan besar" pertama terbentuk di paparan es.

"Tim kami di BAS telah dipersiapkan untuk [mengamati] calving gunung es dari Paparan Es Brunt selama bertahun-tahun," kata direktur Survei Antartika Inggris Profesor Dame Jane Francis dikutip dari dw.com.

Peristiwa menjelang perpecahan gunung es ini diketahui mengalami percepatan pada November tahun lalu, seperti yang dijelaskan oleh BAS.


Dipicu Oleh Perubahan Iklim?

Filosofi Gunung Es 56113
Sumber foto: Twitter.com/BAS_news

Gunung es secara alami terlepas dari Antartika ke laut, tetapi prosesnya dipercepat oleh perubahan iklim.

BAS mengatakan, "tidak ada bukti bahwa perubahan iklim telah memainkan peran penting dalam kasus ini."

"Selama beberapa minggu atau bulan mendatang, gunung es ini mungkin menjauh atau bisa tenggelam dan masih berada di dekat Paparan Es Brunt. Jaringan instrumen GPS kami akan memberikan peringatan dini jika pembentukan gunung es ini menyebabkan perubahan es di sekitar stasiun kami, "kata Francis.

Sumber Jalantikus

Ditulis oleh 

Post a Comment

0 Comments