Cerdas Berdemokrasi ; Jaga Jempol, Jaga Hati, Jaga Indonesia


KABARACEHTIMUR.online - Kebebasan berpendapat ialah pilar penting demokrasi. Diberangusnya kebebasan berpendapat, berpikir, berserikat dan menyampaikan kritik di muka umum akan menyebabkan demokrasi berjalan pincang.

Namun, demokrasi Pancasila menganut pembatasan diantaranya stabilitas keamanan nasional, kepentingan publik, ideologi bangsa serta etika moral kemasyarakatan keagamaan ketuhanan.

Inilah paradoks demokrasi ketika ia justru melahirkan hiruk pikuk yang meruncing pada polarisasi masyarakat akibat afiliasi politik buta dan fanatisme brutal pada kultus individu. 

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, merebaknya kritik berbasis kebencian tidak hanya melemahkan kepercayaan publik pada pemerintah, namun juga secara langsung telah menghadirkan ancaman serius pada ketahanan nasional. 

Apalagi di era keterbukaan informasi, di mana jempol lebih cepat daripada akal sehat dan hati nurani.

Pancasila menjunjung musyawarah untuk mufakat. Adanya keterbukaan dan kesediaan pemerintah untuk melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan atas hajat hidup khalayak.

Caranya dengan membuka kanal-kanal partisipasi warga dalam pengambilan kebijakan. Berikutnya adalah adanya partisipasi aktif masyarakat dalam mengawasi, mengontrol dan mengkritisi kinerja pemerintah. 


Untuk itu, Direktorat Informasi dan Komunikasi Politik, Hukum, dan Keamanan, Ditjen IKP, Kementerian Kominfo mengadakan diskusi daring dengan tema Cerdas Berdemokrasi Seri 1 tentang Jaga Jempol, Jaga Hati, Jaga Indonesia dengan para pemantik:

1. Prof. Dr. Widodo Muktiyo, SE., M.Com., SAM Bidang Komunikasi dan Media Massa, Kementerian Kominfo
2. Dr. Prihat Assih, SE., M.Si., Ak., CSRS., Wakil Rektor II Universitas Merdeka Malang
3. Widiarsi Agustina, Tenaga Ahli Utama Kedeputian Informasi dan Komunikasi Publik, Kantor Staf Presiden.

Catat hari tanggal dan jamnya pada:
🗓️  Kamis, 1 April 2021
⏰  09:00 - 12:00 WIB

Daftarkan diri Anda melalui tautan berikut: http://bit.ly/Webinarjagajempol dan dapatkan e-sertifikat plus hadiah menarik berupa pulsa paket data @100rb untuk 100 peserta yang beruntung! (*)


Dit IK Polhukam
Ditjen IKP
Kementerian Kominfo
2021

Post a Comment

0 Comments