Bukan Ulat Gagak, Ternyata Ini Jenis Ulat Yang Serbu Lahan Sawah Petani Aceh Timur

Hal itu dikatakan, Kepala Dinas Pertanian Aceh Timur, Muhammad Mahdi, Kepada RRI Senin (01/03/2021) siang. “Setelah tim laboratorium dan pengendali hama turun ke lokasi mengambil sample, tim kita menemukan bahwa jenis ulat tersebut adalah ulat Grayak,”kata Muhammad Mahdi.

Tambahnya, ulat grayak juga disebut dengan nama ulat tentara (Spidoptera frugiperda), “Ulat Grayak ini selain dapat merusak tanaman jagung, juga dapat meluluhlantakkan tanaman padi. Jenis ulat juga sangat cepat berkembang biak karena satu betinanya mampu menghasilkan 2000 telur,” sebut Muhammad Mahdi.

Lanjut Mahdi, bahwa ulat jenis ini juga sangat cepat penyebarannya dalam radius yang jauh 100 km. Serangan ulat grayak di areal sawah Desa Beringen, merupakan serangan tiba-tiba atau sangat cepat.”Dalam dua hari ini tim kita terus ke lapangan guna melakukan upaya-upaya antisipasi terhadap serangan hama ulat tentara tersebut,”pungkas Kadis Pertanian Aceh Timur, seraya mengatakan bahwa pihaknya juga telah menurunkan bantuan untuk petani daerah itu.  

KBRN, Aceh Timur 

Post a Comment

0 Comments