Ternyata: BPS Pakai Sample 2.920 Rumah Tangga, Aceh Termiskin di Sumatera

KABARACEHTIMUR.online – Kepala BPS Provinsi Aceh Ihsanurijal S.Si, M.Si menjelaskan, pengumuman hasil survei BPS di bulan September tidak dapat diumumkan hingga per Kabupaten/kota, karena jumlah sample yang dipakai lebih kecil dibanding semester per Maret 2020.

“Karena sample per September lebih kecil dari semester per Maret, sehingga tidak dapat menampilkan data survei Kabupaten kota,” kata Ihsanurijal S.Si, M.Si ketika ditanya Nukilan.id, media online di Aceh, terkait pengumuman BPS yang menempatkan Aceh termiskin di Sumatera, Jum’at (19/2/2021).

Dijelaskannya, sampel yang dipakai per September sebesar 2.920 rumah tangga yang ada di Aceh, sehingga estimasinya hanya berskala Provinsi saja.

“Bulan Maret samplenya besar, sehingga estimasinya memungkinkan untuk Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Penyampaian hasil survei periode (2020) ini katanya memang agak istimewa lantaran ada pandemi Covid-19, berlakunya bukan hanya di Aceh tetapi diseluruh Indonesia, bahkan dunia.

Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) rutin dilakukan di 34 provinsi yang dinamakan dengan survei sosial ekonomi nasional (sosenas).[]


Sumber: Nukila.id

Reporter: Yuli Asmiati


Post a Comment

0 Comments