Orang Kaya Kompleks Panen Cibiran: Gak Ada Garasi, Parkir Mobil Sembarangan

Orang Kaya Kompleks Panen Cibiran: Gak Ada Garasi, Parkir Mobil Sembarangan
Mobil parkir di jalan (Twitter/Areajulid).

Bagaimana tidak, sejumlah pemilik mobil terpantau sering memarkir kendaraannya sembarangan sampai mengganggu laju para pengguna jalan.

Baru-baru ini, area parkir mobil menjadi pembahasan yang ramai diperbicangkan warga Twitter seusai dipantik oleh curhatan warganet lewat akun @areajulid pada Kamis (4/2/2021).

Curhatan anonim itu ditujukan untuk mengingatkan para pemilik mobil khususnya di daerah perkotaan yang lahannya terbatas.

Kata dia, sebelum membeli mobil, baiknya dibangun dulu garasi rumah agar tidak parkir sembarangan di bahu jalan dan membuat pengendara lain kesusahan.

Lahan parkir mobil jadi perdebatan warganet (Twitter/areajulid).
Lahan parkir mobil jadi perdebatan warganet (Twitter/areajulid).

Dalam curhatan tersebut, disematkan pula sejumlah foto memperlihatkan barisan mobil-mobil terparkir di bahu jalan. Hal itu membuat jalan lebih sempit dan penggunanya tidak leluasa.

Usut punya usut, ternyata problematika serupa pun dirasakan oleh banyak warganet lainnya. Mereka ikut menumpahkan keluh kesah dan protes di kolom balasan.

"Suka bingung aja, kaya tetangga rumah nenek gue. Mobilnya punya 3, semuanya diparkir depan rumah orang semua. Lah dikira orang gak punya mobil apa. Beli mobil sampai 3 mampu, kenapa bikin garasi mobil gak mampu," komentar @notyour*****.

"Ingin retweet ke para tetanggaku yang gak punya garasi tapi memaksa beli mobil. Kalau mau punya mobil tuh pikirin dong taruh mana, minimal ada halaman buat naruh mobilnya di dalam. Bukan diparkir di sepanjang jalan dan bikin susah pengendara yang lewat," timpal @its*******.

"Woi iya! Papa mama gue juga suka gedeg sama yang begitu di perumahan gue. Bahkan sudah disediakan lapangan buat parkiran yang bisa disewa, kalau gak salah juga ada banyak mobil yang diparkir di situ berbayar, tapi masih aja banyak yang seenaknya," balas @yow****.

"Terjadi banget di komplek. Lahan garasi 1, mobil 3. Ditegur karena halangain jalan, ngambek, berasa senior. Berat berat model begini," tukas @ulfa*******.

Berapa Idealnya Ukuran Garasi?

Beberapa daerah seperti DKI Jakarta mengeluarkan aturan untuk para pemilik mobil wajib menyiapkan garasi mobil di rumahnya.

Aturan ini tercantum pada Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi di DKI Jakarta dan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan.

Nah buat warga Jakarta yang memiliki mobil, persiapkan garasi agar tidak kena sanksi dari aturan tersebut.

Untuk membuat garasi, perlu memperhatikan ukuran ideal agar mobil bisa masuk. Dilansir dari laman Auto2000, ada beberapa hal yang diperhatikan untuk membuat garasi di rumah.

Dimulai dari pintu, pilih model pintu garasi yang mudah dibuka tutup dan wajib memilih keramik yang tepat.

Keramik yang dipakai untuk garasi sebaiknya bertekstur kasar dengan ukuran standar seperti 30x30 cm, 40x40 cm, atau 50x50 cm.

Keramik yang dipakai juga harus memiliki ketebalan yang cukup agar tidak mudah retak atau pecah.

Terakhir, berikan ruang yang cukup untuk manuver mobil dalam proses parkir paralel dan keluar garasi.

Ruang tersebut juga bisa dipakai untuk menyimpan spare part atau barang-barang lainnya.

Mengetahui ukuran mobil juga menjadi faktor penentu sebelum membuat garasi. Karena setiap mobil memiliki dimensi yang berbeda-beda.



Sumber : BeritaHits.id 

Post a Comment

0 Comments