Terlilit Utang Triliunan, Barcelona di Ambang Kebangkrutan

Terlilit Utang Rp 20 Triliun, Barcelona di Ambang Kebangkrutan
Pemain Barcelona, Lionel Messi. Foto: Albert Gea/REUTERS

Situasi di tubuh Barcelona tampaknya belum kunjung membaik. Setelah kisruh internal, Blaugrana kini diklaim tengah di ambang kebangkrutan.

ADVERTISEMENT

Kabar itu diwartakan oleh salah satu media terbesar di Spanyol, El Mundo. Mereka juga menjelaskan secara rinci total hutang Barcelona yang mencapai 1,17 miliar euro (sekitar Rp 20 triliun).

''Barcelona tengah di ambang kebangkrutan. Angka-angka yang dirilis pada Senin (25/1) ini menggambarkan situasi yang sangat mengerikan,'' tulis laporan tersebut.

''Total utang entitas saat ini mencapai 1.173 miliar euro, 730 [juta euro] di antaranya berjangka pendek (harus dilunasi dalam waktu dekat). Sebuah angka yang sangat mengejutkan,'' lanjut mereka.

Laporan yang sama juga menjelaskan bahwa Barca juga memiliki total utang sebesar 196 juta euro (sekitar Rp 3,35 triliun) kepada beberapa tim-tim Eropa. Hal ini terkait aktivitas tim di bursa transfer.


Terlilit Utang Rp 20 Triliun, Barcelona di Ambang Kebangkrutan (1)
Selebrasi pemain FC Barcelona usai mencetak gol. Foto: Albert Gea/REUTERS

''Sebagai tambahan, Barca masih memiliki utang 196 juta euro kepada beberapa tim lain. Seperti, misalnya, 40 juta euro kepada Liverpool untuk Coutinho, 48 [juta euro] ke Ajax untuk De Jong, dan 5 juta euro ke Atletico [Madrid] dalam kesepakatan penandatanganan Antoine Griezmann.''

ADVERTISEMENT

Bobroknya kondisi finansial Barcelona juga tak lepas dari adanya wabah pandemi corona. Sebab, Barca juga tak luput dari hantaman krisis keuangan yang diakibatkan kondisi tersebut.

Musim ini, Barcelona sebenarnya tengah berjuang untuk menstabilkan kondisi tim. Sebagai informasi, kisruh internal musim lalu, berbuntut pada kegagalan tim di atas lapangan.

Manajemen Barcelona akhirnya mengambil langkah tegas dengan memecat pelatih saat itu, Quique Setien, dan menggantikannya dengan sosok baru, yakni Ronald Koeman.

Selain itu, musim lalu Barca juga nyaris ditinggalkan sang megabintang, Lionel Messi.

Sumber : Kumparan.com ---


Post a Comment

0 Comments