Sejumlah Gampong di Matangkuli Kembali Banjir




Aceh Utara I Akibat meluapnya air Krueng Keureuto dan Krueng Pirak, sejumlah gampong dalam Kecamatan Matangkuli Kabupaten Aceh Utara kembali banjir, Sabtu (2/1) sore.

Sedikitnya ada sebelas gampong yang terendam air di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Keureuto dan Krueng Pirak, yaitu Gampong Alue Euntok, Tumpok Barat, Hagu, Alue Tho, Ceubrek Pirak, Lawang, Tanjong H Muda, Siren, Meunye Pirak, Pante Pirak dan Leubok Pirak

Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto melalui Kapolsek Matangkuli, Iptu Asriadi dalam siaran persnya kepada awak media menyampaikan, sejak sehari yang lalu itu, hujan dengan intensitas tinggi, lalu meluapnya air Krueng Keureuto dan Krueng Pirak. Ketinggian luapan air rata-rata berkisar 30 hingga 60 cm.

“Warga masih tetap bertahan di dalam rumah masing-masing dan tidak menggangu aktifitas masyarakat, meskipun kawasan itu terendam banjir”, kata Iptu Asriadi. 
Sementara itu, pada Minggu (3/1) siang, Kapolsek Matangkuli, Iptu Asriadi saat dihubungi media ini via handphone selularnya menuturkan, sebenarnya debet air telah turun lebih kurang sejengkal, kemudian hujan lagi. “Bila hujan terus-menerus, maka debet air akan kembali bertambah. Oleh karenanya, kami dan warga dalam keadaan siaga”, ujarnya. 
“Hari ini, dengan mengarungi banjir, kita telah menyalurkan bantuan dari Polres Aceh Utara berupa 500 kg beras kepada warga di sana”, pungkas Kapolsek. (Yoes/aif)

Post a Comment

0 Comments