Kenapa Ya Badan Gampang Lelah Meski Nggak Ngapa-ngapain? Hati-Hati Gejala Penyakit Ini


KABARACEHTIMUR.ONLINE -- 

Rasa lelah memang wajar terjadi jika kita telah beraktivitas sepanjang hari. Dalam kasus lain, rasa lelah juga bisa menyerang siapa saja meski nggak melakukan banyak kegiatan. Kalau begini, kamu patut waspada.

Melansir dari berbagai sumber (25/01/2021), 20 hingga 30 persen penyebab lelah adalah penyakit tertentu. Kalau kamu merasa sangat lelah dan lemah untuk berjalan-jalan, bekerja, mandi atau hanya untuk berpakaian, maka itu bisa jadi karena masalah serius.

Untuk mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan kamu tiba-tiba merasa lelah meski nggak beraktivitas, ini adalah beberapa alasannya.

1. Depresi dan melankolis

1 dari 10 orang telah menderita depresi tahap tertentu dan depresi merupakan penyebab umum kelelahan. Ketidakseimbangan dalam neurotransmiter seperti serotonin dapat menyebabkan kelelahan, apatis, perasaan yang nggak enak di kepala dan sakit kepala.

2. Anemia

Jika tingkat zat besi atau sel darah merah nggak cukup untuk membawa oksigen, maka otak dan otot nggak akan mendapatkan oksigen dengan cukup. Hal inilah yang menyebabkan orang anemia (kurang zat besi atau kurang darah) sering merasa lelah, terutama jika berjalan atau melakukan kegiatan apapun yang melibatkan aktivitas fisik.

3. Rheumatoid arthritis dan penyakit jaringan ikat lain (autoimun)

Dalam penyakit ini, tubuh membentuk antibodi terhadap jaringan sehat dan menyebabkan kerusakan. Serangan pada sistem kekebalan tubuh akhirnya menguras energi dan membuat penderitanya cepat lelah. Penyakit autoimun misalnya lupus erythematosus dan keratodermia (pengerasan dari kulit).

4. Masalah tiroid

Pelepasan hormon tiroid menentukan kecepatan metabolisme. Jika tingkat hormon tiroid terlalu rendah maka metabolisme akan lambat, membuat penderitanya merasa lelah, kulit dan rambut akan menjadi kering dan kusam, mungkin berat badan naik karena tubuh lambat membakar kalori, kaki membengkak dan detak jantung akan lebih lambat.

5. Diabetes dan resistensi insulin

Pada penderita diabetes tipe 1 (tubuh nggak bisa memproduksi insulin karena kerusakan pankreas) dan tipe 2 (insulin semakin nggak efisien), sel-sel tubuh nggak mendapatkan energi yang cukup untuk berfungsi. Bahkan aktivitas ringan pun dapat menyebabkan penderita diabetes merasa lelah.

By HerStory



Post a Comment

0 Comments