Sejak Tahun 2018-2020,Kejari Aceh Timur Tuntut 35 Terdakwa Narkoba Hukuman Mati



 BANDA ACEH  - Sejak 2018 hingga 2020, Kejaksaan Negeri Aceh Timur telah menuntut 35 terdakwa narkoba dengan tuntutan hukuman mati.  Kajari Aceh Timur, Abun Hasbulloh Syambas mengatakan terdakwa yang dituntut hukuman mati itu memiliki barang bukti narkoba banyak.


 "Rata-rata barang buktinya sabu. Tuntutan hukuman mati ini untuk memberikan efek jera," kata Abun hasbulloh, Jumat (25/12). Para terdakwa yang dituntut hukum mati itu, kata Kajari, kebanyakan sebagai kurir yang telah melakukan kejahatannya berulang kali.  

"Meski mereka bukan bandar sabu, tapi mereka telah berulang kali melakukan penyeludupan barang haram itu ke Aceh Timur dengan jumlah besar," ujarnya.  

Dari 35 terdakwa yang dituntut hukuman mati, hanya lima orang yang divonis sesuai tuntutan penuntut umum di pengadilan.  

"Ada yang divonis seumur hidup dan 20 tahun penjara. Ada juga yang melakukan upaya hukum banding maupun kasasi," sebut Abun Hasbulloh.  

Meski jaksa menuntut hukum mati terhadap terdakwa narkoba ini, lanjut Abun Hasbulloh, kejahatan tindak pidana narkoba masih terus terjadi di Aceh Timur.  

"Kita tuntut hukuman mati saja masih ada yang menyeludupkan narkoba di Aceh Timur. Kalau kita tuntut mereka sampai 10 tahun, tentu tidak dapat memberikan efek jera," ungkap Kajari Aceh Timur, Abun Hasbulloh Syambas. | Tommy 



Post a Comment

0 Comments