Kembangkan Sektor Perikanan Di Aceh Timur, KKP-RI Siapkan Anggaran APBN

Teks Foto:
Bupati Rocky, mengalungkan kain sal saat penyambutan Sekjen KKP RI, Antam Novambar, di lokasi Proyek Percontohan Klaster Udang Vaname di Desa Matang Rayeuk, Kecamatan Idi Timur, Kabupaten Aceh Timur, Senin 28 Desember 2020. Foto Humas Aceh Timur


KABARACEHTIMUR.ONLINE I IDI TIMUR -- Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP-RI) serius mengembangkan sektor perikanan di Kabupaten Aceh Timur. Buktinya, 2 juta ekor benur udang telah dilepas di lokasi Percontohan Klaster Udang Vaname di Desa Matang Rayeuk, Kecamatan Idi Timur, Aceh Timur.

Peresmian Percontohan Klaster Udang Vaname dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Antam Novambar, Senin (28/12). Hadir sejumlah pejabat juga hadir antara lain Dirjen Perikanan Budidaya KKP-RI, Dr. Slamet Subiyakto, M.Si, dan anggota DPR-RI, T. H. A. Khalid, M.Si.
Teks Foto:
Sekjen KKP-RI, Antam Novambar, didampingi Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI, Dr. Slamet Subiyakto, dan Bupati Rocky, serta unsur forkopimda saat melakukan penanaman bibit mangrove di lokasi Percontohan Klaster Udang Vaname di Desa Matang Rayeuk, Kecamatan Idi Timur, Aceh Timur, Senin 28 Desember 2020. Foto Humas Aceh Timur.

Rombongan Sekjen KKP-RI tiba dan disambut hangat Bupati Aceh Timur, H. Hasballah HM.Thaib atau Rocky, sekira pukul 12:00 Wib. Rocky ikut didampingi unsur forkopimda, Sekda Aceh Timur, para staf ahli, para asisten dan pimpinan SKPD terkait.
Teks Foto:
Sekjen KKP-RI, Antam Novambar, didampingi Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI, Dr. Slamet Subiyakto, dan Bupati Rocky, serta unsur forkopimda saat penaburan benur udang vaname di lokasi Percontohan Klaster Udang Vaname di Desa Matang Rayeuk, Kecamatan Idi Timur, Aceh Timur, Senin 28 Desember 2020.

Kedatangan Antam Novambar ke Aceh Timur, telah dijadwalkan sebelumnya untuk meresmikan tambak klaster dan penebaran benur udang serta penanaman mangrove. "Kita serius mengembangan potensi tambak di Aceh Timur, apalagi 14 kecamatan di kabupaten ini memiliki luas tambak 18 ribu hektar," kata Sekjen KKP-RI, Antam Novambar, di Idi.

Potensi tersebut, lanjutnya perlu dimanfaatkan dengan baik. Tujuannya adalah untuk mensejahterakan masyarakat pesisir, sehingga ekonominya lebih bangkit dan taraf hidupnya lebih meningkat. "Muda-mudahan percontohonan ini berhasil, sehingga nanti kita akan kembangkan lebih luas dengan melibatkan ribuan petani tambak lainnya," ujar Antam seraya mengaku, pihaknya siap menggelontorkan APBN dalam mengembangkan sektor perikanan di pantai timur Provinsi Aceh.

Seiring dengan penaburan benur udang, Sekjen KKP RI itu juga ikut menyerahkan pakan mandiri sebanyak 11.000 kilogram untuk tiga lokasi, yakni Aceh Timur, Aceh Utara dan Aceh Tamiang. Dalam kesempatan itu, Sekjen KKP-RI bersama Dirjen Perikanan beserta staf ahli kementerian dan sejumlah pejabat eselon II kementerian serta unsur forkopimda setempat melakukan penanaman mangrove.

Selain agenda tersebut, kegiatan diawali dengan penebaran bibit ikan kakap putih di kolam Pusat Perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur, yang difasilitasi Dinas Perikanan setempat. Hadir sejumlah pejabat di daerah, seperti unsur forkopimda, sekda, staf ahli, para asisten, dan pimpinan OPD terkait. (*)

Post a Comment

0 Comments