Beberapa Pola Makan Sehat ini Dapat Membuat Pria Tidak Cepat Loyo

HABANANGGROE24.COM -Menjadi seorang pria tentunya harus memiliki stamina yang kuat dan berkecuapan,maka dari itu bagi anda pria mestinya dapat menerapkan beberapa pola makan ini


seperti dikutip dari Detik.Com Cepat loyo dan kehabisan tenaga sering dirasakan pria meski baru beberapa jam bekerja. Bisa jadi karena pola makan yang kurang sehat.


Secara alami orang akan cenderung mengulang hal yang enak. Demikian juga dengan kebiasaan makan terutama pada pria. Hal ini dibuktikan melalui riset yang dilakukan Duke University. Menurut mereka 40% orang akan selalu mengulang kebiasaan yang enak.


Seiring dengan pertambahan usia para pria perlu mengubah pola makan menjadi lebih sehat. Perlu memilih makanan yang menyehatkan jantung, sedikit lemak dan mudah dicerna tubuh.


Tidak sulit membangun pola makan sehat, dilansir dari Etathis (20/10) pola makan sehat ini bisa dicontek oleh para pria. Agar lebih sehat, bertenaga dan mengurangi risiko penyakit serius.

1. Kurangi konsumsi daging merah

Pria tercatat lebih banyak konsumsi daging merah daripada wanita. Padahal konsumsi daging merah berlebihan bisa memicu penyakit jantung. Penyakit berkembang 10-15 tahun lebih cepat pada pria daripada wanita.


Menurut National of Institutes of Health Amerika, kebiasaan makan daging merah setiap hari meningkatkan 3 kali lipat risiko penyakit jantung. Karenanya asupan daging merah perlu dikontrol dengan baik.


Sebaiknya mulailah mengganti daging merah dengan ikan dan daging ayam atau sayur-sayuran. Tidak usah sekaligus, lakukan bertahap mengurangi makan daging merah. Misal tiap minggu sekali atau tiap kali makan hanya sepotong kecil saja.


2. Makan sayuran warna-warni

Sebagian besar pria kurang suka sayuran segar apalagi yang mentah. Padahal sayuran merupakan asupan wajib dalam menu harian. Karena tubuh memerlukan vitamin, mineral dan seratnya.


Selain brokoli, kol ungu disebut sebagai sayuran paling kaya antioksidan. Kol yang agak pahit ini juga kaya akan serat yang bisa menjadi pakan bakteri baik di dalam usus.


Warna-warni sayuran menunjukkan kekuatan kandungan nutrisinya. Seperti warna oranye menandakan kaya betakaroten dan vitamin C. Karena itu konsumsi sayuran warna-warni setiap hari.


3. Berhenti makan pada jam 8 malam

Pada umumnya pria sering ngemil di malam hari. Terutama saat lembur atau nonton bola. Apalagi sekarang banyak makanan online buka 24 jam.


Sebuah studi tahun ini di The Journal of Clinical Endocrinology & Mtabolism meneliti hubungan makan di malam hari dengan obesitas. Mereka mengukur gula darah saat makan pukul 10 malam dan pukul 6 malam hari berikutnya.


Ternyata makan larut malam membuat toleransi glucose jadi buruk. Hal ini bisa memicu diabetes dan kegemukan. Sebaiknya berhentilah makan maksimal pukul 20.00.


4. Berhenti ngemil keripik

Ngemil sambil nonton TV di akhir pekan memang menyenangkan. Tetapi jangan sampai kebablasan. Karena 1 cup (34 gram) keripik kentang rata-rata mengandung 298 kalori. Rasa gurih renyah keripik memang bikin susah berhenti.


Kecuali mengandung minyak, keripik juga mengandung garam atau gula tambahan yang kurang baik jika dikonsumsi berlebihan. Sebaiknya batasi konsumsinya dengan mengambil 1 genggaman saja.


Alternatif lain yang sehat dan murah adalah ngemil popcorn yang polos dengan butter tanpa tambahan gula atau garam. Rasa gurihnya akan memberi kepuasan di mulut, rendah kalori dan mengenyangkan.


5. Makan alpukat tiap hari

Pria cenderung mengalami tekanan darah tinggi terutama di usia 40 tahun. Hipertensi memicu penyakit jantung dan serangan stroke. Ada baiknya mulai sering konsumsi makanan kaya potassium.


Potassium akan mendorong sodium terbuang melalui urine sehingga membantu pembuluh darah tetap rileks. Menurut studi American Heart Association, orang konsumsi 1 buah alpukat tiap hari punya tingkat LDL (kolesterol jahat) lebih rendah.


Selain alpukat juga bisa mengonsumsi ubi yang kaya potassium. Sebaiknya selalu konsumsi alpukat segar tanpa tambahan gula, susu kental manis atau sirup. Nikmati sebagai salad atau topping salad dengan minyak olive


6. Kontrol porsi makan

Karena sedang bersantai di akhir pekan bukan berarti lepas kontrol mengonsumsi makanan favorit. Jumlah makanan yang dikonsumsi tetap berpengaruh pada asupan kalori harian.


Yang terpenting berat badan terkendali dan selera makan tetap terpuaskan. Karenanya harus belajar menghentikan makan sebelum kenyang agar tak makan berlebihan.


Cara yang termudah adalah mengurangi porsi makan setengahnya. Bisa berbagi dengan teman atau keluarga. Pilih yang benar-benar memuaskan selera tapi batasi porsinya.


7. Makan banyak ikan dan buah segar

Kaum pria bisa menyontek pola makan mideterania, yang banyak konsumsi ikan dan sayuran segar serta olive. Selain menyehatkan jantung pola makan plant based ini juga memperbaiki kualitas sperma.


Hal itu dibuktikan lewat penelitian 9.000 pria yang rutin makan buah dan sayuran serta ikan yang punya sperma lebih banyak dan berkualitas.


Pengoalahan sayuran, buah dan ikan harus dengan cara sehat. Seperti dibakar, dipanggang atau dikukus. Diberi bumbu rempah segar hingga rasanya lebih enak serta menggugah selera.(*)

Post a Comment

0 Comments