Aceh Timur Akan Bantu Jadup Warga Yang Sakit kronis Tak Berdaya Rp 2,4 Juta Per Tahun


KABAR ACEH TIMUR I IDI RAYEUK -- Bupati Aceh Timur, H Hasballah Bin HM Thaib SH, perintahkan camat, dan keuchik di Aceh Timur, agar mendata warga yang sakit kronis tak berdaya lagi.

“Kita intruksikan kepada camat, keuchik untuk mendata warga kurang mampu yang sakit strok dan tidak mampu beraktivitas seperti biasa lagi, didata dan kemudian dilaporkan ke Dinsos atau Bupati, supaya benar-benar dapat ditangani dengan baik, dan dibantu biaya jaminan hidup (jadup) setiap bulannya,” Kata Bupati Aceh Timur yang akrap disapa Rocky, kepada media. Minggu, 1 November 2020.

Biaya hidup yang dibantu setiap bulan walau sedikit, diharapkan nanta dapat dipergunakan warga yang sakit untuk membeli suplemen, dan makanan bergizi untuk pertambahan vitamin dan mineral, agar dapat memperbaiki kesehatan warga yang sakit.

“Direncanakan, setiap warga akan dibantu minimal Rp 200 ribu perbulan, kalau dijumlahkan per tahun Rp 2,4 juta,  sehingga biaya hidup yang disalurkan ini tepat sasaran, dan dapat dipergunakan pasien untuk membeli makanan bergizi,” harap Bupati.

Jika program ini berjalan, kata Bupati, tak perlu dibangun panti derma untuk merawat orang-orang yang sakit seprti itu. 

“Jadi yang rawat tetap keluarga, sedangkan kita bantu biaya hidupnya,” demikian ucap Bupati.

Selain itu, harapan Bupati, melalui program ini nantinya, semua warga kurang mampu yang sakit menahun, dan tak berdaya lagi, dapat terdata, dan ditangani secara maksimal, melalui berbagai program sosial yang ada di pemerintah.(*)

Post a Comment

0 Comments