Kaur Keuangan Gampong di Bireuen Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas


ACEHSATU.COM | BIREUEN – Ratusan kaur pembangunan gampong (desa-red) dari 17 Kecamatan di Bireuen, secara bertahap ikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas kaur keuangan dan operator gampong, berlangsung mulai Senin-Jumat (05-09/10/2020) di Aula Ampoen Chiek Peusangan, kampus Universitas Almuslim.


Kegiatan yang digelar Pemkab Bireuen bekerjasama Lembaga Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Indonesia (LEPENKAPI) Bireuen Aceh, tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19, dibuka oleh Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi diwakili Asisten III Dhailami Shut, Senin (05/10/2020) pagi.


Ketua LEPENKAPI Bireuen Aceh, Dr Cut Khairani MSi ditanyai AcehSatu.Com, usai pembukaan oleh Asisten III Setdakab Bireuen, dalam laporan disampaikannya menjelaskan, kegiatan bimtek ini digelar empat tahap dan jumlah peserta dibatasi karena tetap mengikuti protokol kesehatan dalam kegiatannya.


Untuk tahap pertama Senin-Selasa (05-06/2020) diikuti 141 peserta dari Kecamatan Kota Juang 23 desa diikuti 21 peserta, Jangka 46 diikuti 29 peserta, Juli 36 desa diikuti 70 peserta, Peusangan Siblah Krueng 21 desa diikuti 21 peserta.


Kemudian untuk tahap kedua Selasa-Rabu (06-07/10/2020)  Kecamatan Jeunieb, Peulimbang, Jeumpa dan Peudada, dan tahap tiga Rabu-Kamis (07-08/10/2020) giliran Kecamatan Gandapura, Makmur, Kutablang, Peusangan dan Kuala.


Selanjutnya tahap empat Kamis-Jumat (08-09/10/2020) Samalanga, Simpang Mamplam, Pandrah. Pemateri ada dari Bapedda, KPP Pratama, BPKD, Inspektorat, DPMGPKB danLEPENKAPI Bireuen, masing-masing pemateri sesuai bidang ahlinya dan berpengalaman dalam tata laksana penyelenggaraan keuangan gampong.


“Kami sangat mengharapkan agar selama mengikuti Bimtek ini semua kita dapat menjalankan protokol kesehatan Covid-19 secara kontinyu, mudah-mudahan kita semua dapat terhindar dari berbagai musibah,” imbuh Dr Cut Khairani MSi.


Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani SH MSi diwakili Asisten III Setdakab Bireuen Dhailami SHut juga ditanyai kembali Aceh Satu.Com, Senin (05/10/2020) siang, menjelaskan, sesuai sambutan Bupati disampaikan saat membuka Bintek yaitu.


Pemkab Bireuen, menaruh komitmen yang sangat tinggi untuk mensukseskan implementasi Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, diwujudkan dengan menerbitkan Peraturan Bupati setiap awal tahun berjalan.


Hal tersebut dilakukan bertujuan semoga menjadi acuan bagi pemerintah gampong dalam melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan keuangan gampong.


Melalui Bimtek ini kami mengharapkan dapat meningkatkan kompetensi aparatur gampong dalam menjalankan roda pemerintahan. Sebagai aparatur pemerintah gampong, diharap memiliki kemampuan, ketrampilan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.


Sehingga dapat terwujudnya tata kelola pemerintahan gampong dan tatakelola keuangan gampong yang berkualitas, dapat dipertanggungjawabkan. Tata kelola  keuangan gampong harus transparan, akuntabel dan partisipatif, serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.


“Jangan sampai para perangkat gampong terbawa ke ranah hukum yang disebabkan terjadinya kesalahan dalam pengelolaan keuangan gampong,” ungkap Bupati Bireuen melalui Asisten III Dhailami. (*)

Post a Comment

0 Comments