Irwanda Ajak LSM dan Masyarakat Mengawal Proses Hukum Pelaku Pembunuhan dan Pemerkosaan

HABANANGGROE24.COM | ACEH TIMUR–pelaku pemerkosa dan pembunuh anak di Desa Alue Gadeng Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur, S berhasil diringkus oleh Polisi, TNI dan masyarakat ditempat persembunyiannya, Minggu (11/10/2020).



Sekretaris komisi A fraksi partai Aceh (PA) Irwanda mengapresiasi aparat kepolisian polres Langsa Dengan berhasilnya  meringkus pelaku pembunuhan bocah berusia 9 tahun di Aceh Timur dan saat bersamaan pelaku juga melakukan  pemerkosaan terhadap ibu dari anak tersebut.



Selain itu,Irwanda juga meminta aparat penegak hukum untuk menghukum seberat-beratnya untuk pelaku dan tidak ada alasan untuk meminta maaf atas peristiwa  tersebut.


Menerut Irwanda, pelaku merupakan residivis kelas teri, yang keluar masuk bui. Perbuatan berlanjut yang dilakukan oleh pelaku telah mengancam masyarakat dengan rasa takut terhadap pelaku dan hal ini  sangat berbahaya.


Oleh karena itu, Irwanda mengisyaratkan kepada penegak hukum jangan ragu untuk menerapkan pasal terhadap eksekutor dan predator anak dibawah umur itu dengan  ancaman pidana hukuman yang seberat-beratnya.


“Hukuman maksimal kepada pelaku merupakan keharusan karena pelaku telah mengulang perbuatannya sehingga akan mengancam kehidupan masyarakat lainnya. Pelaku pemerkosaan dengan kekerasan terhadap ibu rumah tangga dan membunuh anaknya itu dijerat dengan pasal 338 KUHPidana, Pasal 285 Jo. Pasal 64 KUHP dan Pasal 80 Ayat (3) dan Pasal 81 Ayat (1) Pasal 76 huruf d Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak,” terang Irwanda,Senin (12/10/2020)


“Tidak ada alasan meminta maaf mengingat perbuatan tersebut dilakukan pelaku dengan sangat keji tanpa perikemanusiaan," Lanjutnya
 


Irwanda juga mengajak elemen Masyarakat dan LSM mengawal proses hukum 


"Sebaiknya LSM dan Masyarakat ikut mengawal proses hukumagar tidak ada hal yang meringankan bagi pelaku eksekutor tersebut dan pelaku itu harus mati," Kata Irwanda.(*)

Post a Comment

0 Comments