Aceh Timur Butuh Universitas Demi Masa Depan Generasi Muda

KABAR ACEH TIMUR I IDI RAYEUK -- Untuk memajukan dunia pendidikan dan kepedulian terhadap siswa tamatan Sekolah Menengah yang berminat melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana (kuliah) tetapi karena keterbatasan biaya. Maka sudah saatnya memiliki dan membangun Universitas atau perguruan tinggi tersendiri di Kabupaten Aceh Timur.

Banyak anak-anak Aceh Timur yang berminat dan bercita-cita ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi, namun sebagian mengalami kendala keterbatasan kemampuan ekonomi orang tua mereka, paling tidak jika ada universitas atau perguruan tinggi di Aceh Timur akan mengurangi beban biaya, baik untuk biaya transportasi, biaya makan maupun biaya sewa kost.

Harapan itu disampaikan Anggota DPRK Aceh Timur M. Yahya Ys, kepada media ini. Selasa (27/10) di sebuah cafe Idi Rayeuk. Seperti dilansir Suaraindonesia.com.

Menurut Yahya Boh Kaye sapaan akrab M. Yahya Ys, Pemerintah Aceh Timur sudah saatnya memikirkan dan mengusahan berdirinya Universitas/perguruan tinggi di daerah kita, bayangkan bila anak-anak kita dari wilayah barat Aceh Timur harus kuliah ke Langsa.

“Berapa biaya transportasi, biaya makan maupun biaya sewa kost setiap tahun, tentu sangat terbebani, jika punya universitas didaerah kita tentu biaya transportasi lebih ringan, apalagi tak perlu tinggal dikosan/asrama,” ujar Yahya Boh Kaye.

Politisi Partai Aceh ini juga, menyarankan kepada Pemkab Aceh Timur untuk meloby Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI serta pihak pengusaha swasta yang mau berinvestasi guna membangun universitas di daerah kita.

Tokoh-tokoh elit Aceh Timur, yang memiliki kapasitas lobi, dan punya pemikiran intelektual agar bersatu menyatukan konsep dan langkah- langkah untuk memajukan Aceh Timur, khususnya dalam rangka memperjuangkan pendirian perguruan tinggi di Aceh Timur.

“Tokoh-tokoh elit Aceh Timur, diharapkan bersatu untuk memikirkan kemajuan Aceh Timur, dari berbagai sektor,” harapnya.

Lanjutnya, selain kaya dengan potensi sumber daya alam, Aceh Timur juga memiliki sumber daya manusia yang mumpuni. Karenanya, dalam hal menampung aspirasi generasi muda yang baru lulus sekolah menengah atas sederajat dan keterbatasan ekonomi, salah satu yang diharapkan dengan bersatunya tokoh elit Aceh Timur, memikirkan pembangunan perguruan tinggi.

“Saya yakin bila bersungguh-sungguh dan giat meloby, maka harapan dan keinginan Aceh Timur punya universitas tersendiri akan terwujud, termasuk pihak Pemkab sendiri menyediakan lahan yang representatif,” tutur Yahya Boh Kaye.

“Sudah saat Aceh Timur, juga memiliki perguruan tinggi, sebagai wadah bagi generasi Aceh Timur, untuk melanjutkan pendidikan, sehingga diharapkan ke depan generasi SDM Aceh Timur, siap bersaing dengan daerah lain,” harap Yahya.

Ia juga menambahkan, pembangunan Universitas sangat urgent dan mendesak mengingat selama ini anak-anak Aceh Timur kuliah ke Banda Aceh, Langsa dan Lhokseumawe.

“Namun bagi keluarga yang kurang mampu secara ekonomi tentu tak sanggup mengkuliahkan anaknya,” tutupnya. (Masri/ayahdidien)

Post a Comment

0 Comments